malam guys.

karena kalian minta kisi2 UAS, saya coba menyanggupi tapi….y itu aku kasih dalam materi singkat yg bisa kalian pake ketika mendapatkan tugas dkv2 yg lain.

 

oya gimana tugas posternya??? gw yakin kalian pada bisa. oke langsung ke pointnya ya 

Image

ada yg pernah nonton film ini? kalian harus nonton. ni film gambaran realita bisnis senjata didunia, liat visualnya ya. bagaimana visualisasi si nicolas cage dibuat sedemikian rupa dari beberapa tumpukan peluru beberapa kaliber sehingga menciptaan kesan yang keras dan mencekam. namun perhatikan juga mimik mukanya yg kontras, seolah dia sedang dilanda suatu sindrom kalau di kita namanya “galau:. ia seolah ingin mencerminkan raut kesedihan dan kecemasan. coba lihat lagi bagian area raut muka sebelah kiri yang masih asli, sedangkan sisanya didominasi oleh peluru, kenapa ya? hal ini mencerminkan area dalam diri dia yang sadar ingin kembali dan keluar dr bisnis ini (lihat filemnya) . ayo lihat pakaiannya, perang yg identik dengan “war gear”, namun cukup dengan pakaian parlente maknanya apa ya? pakaiannya mencerminkan kalau dia seorang yang intelegensia tinggi. biasanya mereka menjadi eksekutif ataupun kreator bahkan bisa menjadi “direktur” perang. kata kuncinya sih WAR is WHAT A DAMN GOOD BUSSINESS, nah bagaimana ya bisa membuat desain seperti ini??prosesnya cukup panjang, proses awalnya adalah mencari intisari dari konten yg inginkan, inkubasi ide, coretan kasar hingga ke eksekusi final (digital) .

Poster film, cover CD, majalah dll, yang merupakan perwajahan depan kalian harus memperhatikan beberapa kaidah, karena mereka adalah “first impression” kepada audience. adapun beberapa kaidah tersebut adalah:

1. untuk menarik perhatian desain harus unik. bahasa kerennya eye catching. bayangkan jika muka nicolas cage hanya foto biasa mungkin biasa2 saja. karena olahan ide dan visual unik maka mau tidak mau kita harus melirik visual tersebut.

2. Adaa point of interest dimaan ini merupakan poin-poin detail yang menarik minat kita untuk melihat visual tersebut 9seeprti peluru, mimik, dll)

3. Visual harus JELAS mengambarkan konten. dan itu harus sinkron dengan teks. peletakan teks juga harus kontras dan cepat terbaca. jelas bisa berarti jelas dari sudut pandang & jarak tertentu serta jelas secara makna pesan.

4. Tingkat keterbacaan harus mudah. semakin cepat audience menangkap visual dan pesannya, berarti semakin baik.

5. terakhir, semua itu harus diatur dalam sebuah komposisi yang baik dan teratur.

 

Bagaimana menganalisisnya? sepertiyang saya jelaskan dalam perkuliahan. menaganalisis desain terbagi dalam dua kategori besar. kalau saya ambil istilah dalam bahasa indonesia adalah denotatif dan konotatif. analisis yang baik lebih baik bermula dari level denotatif baru ke konotatif. pada level denotatif lebih pada MENGIDENTIFIKASI objek visual. contoh poster diatas kalian bisa mengidentifikasi objek visual apa saja yang muncul dan elemen-elemen desain apa yang muncul

sedangkan pada level konotatif lebih pada MENEMUKAN kejelasan pesan yang ingin disampaikan secara keseluruhan dan menemukan makna dari setiap simbol visual yang muncul. misalnya pakaian jas berdasi ingin mengkomunikasikan pesan eksekutif dan asosiasi kuat dengan bisnis. maknanya bisa high level, kehidupan metropolitan, rasional, smart dll.

nah mungkin panduan ini bisa kalian pakai dalam menganalisis desain baik grafis, film, dll. untuk ilmu pemaknaan kalian bisa mempelajari ilmu semiotika tapi tar nanti saja. tolong dipelajari denan baik ya.

 

bocoran nih, jumlah soal 10 soal. jadi kalian harus tangkas ya. goodluck. c u  in friday hehehehhe